Kamis, 11 Oktober 2012

Teori Organisasi Umum 1


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi ?

Organisasi adalah sekumpulan dari 2 orang atau Lebih yang disusun dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen

2. Mengapa organisasi dikatakan sebagai wadah dan proses ?

organisasi sebagai wadah karena di dalam organisasi kita bertemu dengan orang2 yang mempunyai visi dan misi yang sama, tujuan yang sama.

organisasi sebagai proses karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.

3. Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing - masing dan berikan contohnya ?

Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar dan direncanakan serta dengan hubungan kerja yang rasional. Organisasi formal memiliki ciri-ciri :
  1. Terstruktur
  2. Kaku
  3. Terumuskan
  4. Tahan lama

Contoh : Organisasi di Perusahaan, Sekolah, Negara,

Organisasi Informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
  1. Lepas
  2. Fleksibel
  3. Tidak terumuskan
  4. Spontan
Contoh : Arisan ibu-ibu RT, belajar bersama mahasiswa sebelum mengikuti Ujian.

4. Ceritakan pengalaman kalian pribadi kalian baik di organisasi formal maupun informal 

Pengalaman saya di organisasi formal dilingkungan masyarakat pada saat menjadi salah satu anggota remaja masjid di daerah saya, pada waktu itu organisasi ini dibentuk untuk mewadahi para remaja2 agar bisa menjadi remaja yang bertakwa,berakhlak dan siap siaga jika suatu saat nanti juga diperlukan untuk gotong royong dalam hal apapun.Begitulah pengalaman organisasi formal saya yang sampai sekarang juga masih saya jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar